EFEKTIFITAS EPITOME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU

  • Umi Machmudah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Khuzaimah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Epitome, Nahwu, Mahasantri

Abstract

Nahwu merupakan ilmu yang penting bagi mahasantri. Ilmu nahwu merupakan hal yang penting untuk mempelajari bahasa Arab, dan bahasa Arab merupakan kunci dari ilmu-ilmu agama. Pembelajaran nahwu di pondok pesantren selama ini dilakukan dengan cara pembelajaran tradisional yaitu dengan method al-qira’ah wa al tarjamah. Namun, saat ini pembelajaran diganti dengan menggunakan Epitome. Epitome terbukti mampu memotivasi mahasantri dan mengefesienkan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas Epitome pada pembelajaran nahwu, dan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi efektivitas Epitome pada pembelajaran nahwu. Latar penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al Ishlahiyah Malang. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas pembelajaran, wawancara dengan santri yang terlibat langsung pada penerapan media Epitome, guru, dan pengasuh pondok. Selain itu wawancara juga dilakukan dengan alumni tentang kebermanfaatan ilmu nahwu di masyarakat. Tulisan ini menunjukkan 2 hal. Pertama, Epitome efektif sebagai media pembelajaran nahwu, Epitome memudahkan santri dalam memahami nahwu. Epitome juga memberi peluang santri untuk lebih aktif dalam mengikuti pemebelajaran. Kedua, dorongan yang kuat dari dalam diri santri berpengaruh kuat terhadap keberhasilan mereka dalam mempelajari nahwu, khususnya i’rob.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-07
How to Cite
MachmudahU., & Khuzaimah. (2022). EFEKTIFITAS EPITOME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Era Milenial, 1(1), 11-27. Retrieved from https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/KPBA/article/view/833