تطبيق طريقة التعليم SAVI لترقية مهارة الترجمة من النصوص اللغة العربية

  • Ida Mifatkhul Jannah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • M. Yunus Abu Bakar UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Lailul Mufidah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Zaimatut Taqiyah UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Metode SAVI, Keterampilan Penerjemahan, Pembelajaran Bahasa Arab.

Abstract

Perkembangan Bahasa sejalan dengan perkembangan zaman. Hal ini menunjukkan bahwa mempelajari Bahasa sama saja proses menuju kemajuan. Pendidikan tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan, hasil, Latihan, dan keterampilan saja, namun pendidikan harus mampu mendorong peserta didik dalam mengembangkan ilmu pengetahuannya dan juga pengalamannya yang telah mereka dapatkan sebelumnya untuk penemuan-penemuan baru serta untuk mendapatkan pengetahuan baru bagi mereka. Maka dalam pembelajaran penting bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang menarik untuk diterapkan adalah metode SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode SAVI terhadap keterampilan penerjemahan dalam Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptrif kualitatif. Dengan Teknik pengumpulan data melalui kajian literatur, baik melalui buku-buku, jurnal, majalan, maupun website. Setelah data dikumpulkan, maka peneliti menganalisis dan menguji data dengan mengkomparasikan beberapa sumber dan diambil sumber yang paling terpercaya. Hasil penelitian ini adalah penggunaan metode SAVI untuk meningkatkan keterampilan penerjemahan adalah dengan melalui tiga langkah, yaitu tahap persiapan, tahap penyampaian, dan tahap pelatihan, yang ketiganya melibatkan somatis, auditori, visual, dan intelektual peserta didik saat proses penerjemahan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-13
How to Cite
JannahI. M., Abu BakarM. Y., MufidahL., & TaqiyahS. Z. (2022). تطبيق طريقة التعليم SAVI لترقية مهارة الترجمة من النصوص اللغة العربية. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Era Milenial, 1(1), 502-512. Retrieved from https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/KPBA/article/view/915

Most read articles by the same author(s)