Metode Diskusi Terhadap Perkembangan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SMA Jati Agung Sidoarjo

  • Anny Wahyu Dwi Jayanti IAI Al Khoziny Sidoarjo
  • Moch. Zakki Mubarok IAI Al Khoziny Sidoarjo
Keywords: Metode Diskusi, Psikomotorik, PAI

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia. Sebagai kegiatan sadar akan tujuan, maka dalam pelaksanaannya berada dalam sebuah proses yang berkesinambungan dalam setiap jenis dan jenjang pendidikan, semuanya berkaitan dalam suatu sistem pendidikan yang integral. Pendidikan sebagai suatu sistem tidak lain dari sesuatu totalitas fungsional yang ada dalam sistem tersusun dan tidak dapat terpisahkan dari rangkaian unsur atau komponen yang berhubungan secara dinamis dalam suatu kesatuan. Dari latar belakang di atas timbul suatu permasalahan, sehingga penulis merumuskan masalah tersebut sebagai berikut, 1) Bagaimana pelaksanaan metode diskusi pada mata pelajaran PAI SMA Jati Agung Sidoarjo.; 2) Bagaimana perkembangan Psikomotorik siswa pada mata pelajaran PAI SMA Jati Agung Sidoarjo.; 3) Bagaimana pengaruh metode diskusi terhadap perkembangan Psikomotorik siswa pada mata pelajaran PAI SMA Jati Agung Sidoarjo. Pekembangan Psikomotorik siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Jati Agung Sidoarjo adalah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hasil prosentase tentang perkembangan Psikomotorik siswa pada mata pelajaran PAI adalah 80%, yang tergolong cukup baik.Bahwa ada pengaruh metode diskusi terhadap perkembangan Psikomotorik siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Jati Agung Sidoarjo. Melihat perubahan nilai awal sebelum menggunakan metode diskusi dan dengan menggunakan metode diskusi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-02
How to Cite
Wahyu Dwi Jayanti A., & Zakki MubarokM. (2022). Metode Diskusi Terhadap Perkembangan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SMA Jati Agung Sidoarjo. Proceedings of Annual Conference on Islamic Educational Management, 3(1), 879-884. Retrieved from https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/aciem/article/view/1124