INTEGRASI PEMBELAJARAN MUFRADHAT MELALUI MAHFUDZAT

  • Nur Aqilah Lutfiyah Rahma Opier UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Nurul Hidayah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Majidatun Ahmala STAI Taruna Surabaya
  • Muflihah UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pembelajaran bahasa Arab, Pembelajaran mahfudzat, pembelajaran mufradhat, penguasaan kosakata

Abstract

Mufradhat merupakan salah satu unsur bahasa yang membentuk ekspresi, kalimat, dan wacana. Sedangkan mahfudzat merupakan kumpulan kalimat indah dalam sastra Arab yang berisikan kata-kata bijak, hikmah dan falsafah hidup. Integrasi pembelajaran mufradhat melalui mahfudzat akan memperkaya penguasaan siswa terhadap kosakata bahasa Arab karena mahfudzat disampaikan dalam ungkapan indah yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest post test yang digunakan untuk mengukur efektivitas pembelajaran mufradhat yang dilakukan melalui pemberian mahfudzat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Maluku Tengah yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa predict-observe-explain pembelajaran mufradhat melalui mahfudzat termasuk dalam kriteria tinggi, dengan 65% siswa mendapatkan pengaruh kriteria tinggi dan 35% siswa mendapatkan pengaruh kriteria sedang dan tidak ada siswa yang mendapatkan pengaruh kriteria rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-07
How to Cite
OpierN. A. L. R., HidayahS. N., AhmalaM., & Muflihah. (2022). INTEGRASI PEMBELAJARAN MUFRADHAT MELALUI MAHFUDZAT. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Era Milenial, 1(1), 65-80. Retrieved from https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/KPBA/article/view/840

Most read articles by the same author(s)