IMPLEMENTASI METODE QIRO’AH DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA ARAB

  • Mayada Dina Aulia UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Difa Ulinnuha Alfarhani Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Majidatun Ahmala STAI Taruna Surabaya
  • Ahmad Fauzi UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: media pembelajaran daring, metode qiro’ah, pembelajaran daring bahasa Arab, analisis text

Abstract

Membaca(Qiro’ah)  merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dapat meningkatkan kemampuan daya berpikir siswa. Membaca text berbahasa Arab membutuhkan pemahaman frasa, klausa, kalimat, teks secara keseluruhan dan penguasaan tata bahasa yang baik agar dapat memahami dan  menyerap informasi yang ada di bacaan. Pembelajaran selama pandemic yang dilakukan secara daring membuat guru berinovasi dalam setiap proses belajar mengajarnya,oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyingkap lebih dalam implementasi metode qiro’ah dalam pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan secara daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang dilakukan di SMP Islam Terpadu Bakti Ibu Madiun. Responden dari penelitian ini adalah kelas VIII  yang sudah memiliki kemampuan berbahasa Arab lebih baik dibandingkan dengan kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunkan dengan menggunakan observasi, wawancara , dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode qiro’ah dalam pembelajaran daring dilakukan dengan tiga prinsip, yaitu: 1) prinsip prioritas untuk mengetahui aspek dasar yang harus dikuasai siswa; 2) prinsip ketepatan makharijul huruf dalam membaca teks; dan 3) prinsip penugasan yang diberikan Selama pembelajaran daring agar melatih siswa belajar bahasa Arab secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-07
How to Cite
AuliaM. D., AlfarhaniM. D. U., AhmalaM., & FauziA. (2022). IMPLEMENTASI METODE QIRO’AH DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA ARAB. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Era Milenial, 1(1), 715-725. Retrieved from https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/KPBA/article/view/903

Most read articles by the same author(s)